Photobucket

Senin, 22 Juni 2009

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI SERTA FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA


oleh : Ida Mukarromah

A. Pertumbuhan
Pertumbuhan berasal dari kata tumbuh yang berarti bertambah dalam ukuran. Tumbuh dapat pula berarti bahwa sel tubuh bertambah banyak atau sel tumbuh dalam ukuran. Mengukur pertumbuhan biasanya dilakukan dengan menimbang dan mengukur tubuh anak. Melaksanakan pengukuran ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan mengukur perkembangan sosial atau perkembangan kepribadian seseorang.
Pertumbuhan dipengaruhi oleh jumlah dan macam makanan yang dikonsumsi tubuh. Hubungan antara makanan yang dikonsumsi tubuh dan pertumbuhan badan menjadi perhatian para ahli gizi. Namun kenyataannya pertumbuhan tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi saja tetapi juga proses sosial.  
Dengan perkataan lain, pertumbuhan anak tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas makanan saja tetapi juga sejauh mana makanan tersebut dapat diasimilasi dan dipergunakan oleh tubuh. Baik tidaknya makanan tersebut dapat diserap tubuh tergantung pula oleh taraf kesehatan anak. Misalnya anak yang sedang diare tentunya badan tidak akan mampu menyerap makanan yang baik. 

Selain itu pertumbuhan anak juga dipengaruhi oleh perkembangan sosial, psikologis, kualitas hubungan anak dengan pengasuh yang bebas dari stress dll. terdiri dari:  

1. Pertumbuhan yang cepat sekali dalam tahun pertama yang kemudian mengurang secara berangsur-angsur sampai umur 3-4 tahun.

2. Pertumbuhan yang berjalan lamban dan teratur sampai pada masa akil balik.  

3. Pertumbuhan cepat pada masa akil balik (12-18 thn).  

4. Pertumbuhan mengurang secara berangsur-angsur sehingga pada usia ±18 thn pertumbuhan berhenti. Dalam masa pertumbuhan, anak yang sehat bisa dilihat dari ukuran/ keadaan berat badan, tinggi badan, berta badan menurut tinggi badan, lingkar lengan dan lingkar kepala.  

B. Perkembangan Perkembangan anak belum tentu sama dengan pertumbuhannya. Keduanya memang benar saling berkaitan dan dalam penggunaan dua kalimat tersebut seringkali dikacaukan satu sama lain. 
Bila pertumbuhan menjelaskan perubahan dalam ukuran, sedangkan perkembangan adalah perubahan dan kompleksitas dan fungsinya. Seorang anak sudah dapat melihat sejak lahir. Seorang anak juga dapat berkomunikasi sejak lahir dengan menangis, ekspresi muka dan gerakan-gerakan. Oleh karena itu sejak lahir sebaiknya para orang tua diberi ketrampilan untuk mengembangkan perkembangan anak, dengan demikian orang tua akan lebih tanggap ketika melakukan komunikasi dengan anak. Apabila anak berinteraksi dengan lingkungan maka anak dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungan. Dengan demikian hubungan anak dengan lingkungan bersifat timbal balik, baik yang bersifat perkembangan psikologis maupun pertumbuhan dan perkembangan fisik.
Perkembangan kognitif dan sosial dipengaruhi oleh pertumbuhan sel otakdan perkembangan hubungan antara sel otak. Kondisi kesehatan dan gizi anak walaupun anak masih dalam kandungan ibu akan mempengaruhi perkembangan dan pretumbuhan anak. Walaupun semua anak memiliki kebutuhan dasar tertentu, secara individual masing-masing anak memiliki kebutuhan yang sifatnya pribadi. Juga dikatakan bahwa semua anak berkembang, tetapi beberapa anak berkembang lebih cepat dan yang lainnya lebih lambat.  

C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Perkembangan Dalam bahasan tentang pertumbuhan tadi disebutkan bahwa pertumbuhan lebih mengacu pada perubahan secara fisiologis seseorang sehingga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan adalah jumlah dan macam makanan yang dikonsumsi tubuh. Hubungan antara makanan yang dikonsumsi tubuh dan pertumbuhan badan menjadi perhatian para ahli gizi. Selain itu kualitas makanan juga menentukan yang meliputi sejauh mana makanan tersebut dapat diasimilasi dan dipergunakan oleh tubuh. Baik tidaknya makanan tersebut dapat diserap tubuh tergantung pula oleh taraf kesehatan anak.  
Sedangkan faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan dan pembawaan. Lingkungan dikatakan cukup berpengaruh karena dalam perkembangan perilaku anak tak akan lepas dari lingkungan, yaitu dari lingkungan terkecil berupa keluarga. bagaimana lingkungan keluarka terkondisikan maka perkembangan anak akan terbentuk. Dikatakan pembawaan juga berpengaruh pada perkembangan anak, karena bagaimanapun juga sifat kedua orang tua sedikit banyak akan menurun pada anak. Misal orang tua ahli musik, maka anak-anak yang mereka lahirkan akan menjadi pemusik pula. Namun kondisi tersebut juga masih harus ditunjang oleh lingkungan yang mendukung.  

DAFTAR PUSTAKA Hurlock, Elizabeth. 1980.Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Patmonodewo, Soemarti.1995. Buku Ajar Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Dep Dik Bud Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Tim Redaksi Ayahbunda.2002. Dari A sampai Z Perkembangan Anak. Jakarta: Gaya Faforit Press

Posting Komentar

Activitas


About This Blog

santai

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP